Memperbaiki Printer Tidak Dapat Mencetak


Saya ingin memberikan sebagian ilmu saya buat rekan – rekan yang bekerja dengan  menggunakan komputer dan peralatan lain.  Sudah tentu buat yang bekerja dengan komputer tidak mungkin akan lepas dari perangkat yang bernama Printer.

Meperbaiki Printer Tidak Dapat Mencetak,Printer Tidak Dapat Mencetak,Memperbaiki Printer,Memperbaiki,Printer

Banyak pelanggan yang datang ke tempat saya untuk memperbaiki printer menunjukan bahwa masih banyak sekali yang belum memahami tentang bagaimana agar printer tidak cepat rusak. Namun lucunya di sini, banyak dari mereka bekerja di departemen IT atau EDP. Memang, sebagian oknum hanya ingin mendapatkan komisi, namun tidak sedikit juga dari mereka yang memang pendapatan-nya tidak sesuai dengan tanggung jawab yang dipikul.  Tapi di sini saya tidak mau membahas oknum ataupun penghasilan mereka yang kurang.

Kembali ke pokok kita. Saat ini merk yang sering dan banyak digunakan diantaranya adalah, Epson, Hawlet Packarge (HP ), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi.

Diantara kamu mungkin pernah menemui masalah seperti di bawah ini :

  1. Tidak dapat mencetak.
  2. Mati total.
  3. Halaman cetakan tidak lengkap, atau karakter yang dicetak aneh.
  4. Kertas tidak dapat masuk sebagaimana mestinya.
  5. Tidak dapat menarik kertas, atau kertas tidak keluar sempurna.
  6. Hasil cetakan kosong, bergaris-garis, terputus putus, warna kurang bagus atau kabur.
  7. Lambat dalam mencetak.
  8. Font yang dicetak tidak sama dengan yang tampil di layar.

Bila kamu pernah mengalami hal – hal di atas , maka kita akan membahas satu persatu persoalan tersebut.

Printer Tidak Dapat Mencetak.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan tidak dapat mencetak. Kita dapat memulai memeriksa beberapa hal yang menyebakan itu terjadi, a.l :

  • Periksa koneksi kabel power dengan jaringan listrik. Pastikan kabel power telah dicolokan dengan benar ke stop kontak.
  • Periksa tombol switch on apakah dalam posisi hidup ?. Biasanya jika pada posisi hidup lampu indicator LED menyala. Namun untuk yang jenis lama dan tidak memiliki lampu indicator, hidupnya ditandai dengan bergeraknya motor stepper. Jenis tersebut diantaranya, bjc1000, s100, s200, bjc2000sp, dan 2100sp. Kalau tidak ada pergerakan motor, atau lampu indicator tidak menyala, biasanya kerusakan terjadi pada bagian power supply. Namun jika setelah dilakukan pengecekan tegangan output power supply ternyata tidak ada masalah, dan saat kabel interface USB dicolokan ke komputer terdeteksi, maka kerusakan terjadi pada mainboardnya.
  • Periksa kabel data yang terhubung pada CPU, apakah sudah terhubung pada port pararel atau USB dengan baik dan benar ?.
  • Coba gunakan kabel data lain untuk meyakinkan. Pernah kejadian ada salah satu kabel / solderan putus yang mengakibatkan tidak terkoneksi, sehingga pengiriman data dari komputer tidak berhasil.
  • Apabila yang digunakan adalah Sistem Operasi Windows dan koneksi menggunakan port pararel LPT1 di komputer, coba jalankan perintah ini. Jalankan Command Prompt, ketik C:\>dir >>LPT1. Maksudnya adalah membelokan hasil tampilan “dir” ( Isi Directory )  yang seharus ke monitor dialihkan ke port pararel komputer.
  • Pastikan sudah melakukkan installasi driver yang sesuai, dan tidak ada konflik dengan perangkat lain.
  • Pastikan koneksi port sudah benar.
  • Coba gunakan aplikasi teks editor seperti notepad untuk mencetak sesuatu. Jika menggunakan aplikasi ini dapat mencetak, maka kerusakan bukan pada printer-nya.
  • Coba rubah setting menjadi Default. Atau lakukan installasi ulang untuk driver dengan nama yang lain. Kemudian ubah settingan installasi baru tersebut menjadi Default.
  • Pastikan space hard disk anda cukup. Jika buffer tidak cukup maka pengiriman data dari komputer menjadi tidak sempurna.
  • Coba untuk melakukan perubahan setting spooler melalui menu properties printer. Fitur spooler bertujuan agar dalam melakukan pencetakan kita dapat menjalankan aplikasi lain.
  • Cek apakah ada resource yang konflik dengan port yang digunakan. Gunakan bantuan hardware troubleshooter apabila terjadi konflik. Kasus ini mungkin juga disebakan oleh port pada komputer kita bermasalah. Untuk mengecek-nya, coba gunakankomputer lain, atau pindahkan koneksi port ke port lainnya, seperti USB1 ke USB3.

Berhubung mata sudah ngantuk, maka saya cukupkan pembahasan kita untuk kali ini.

Semoga ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat.

2 Tanggapan

  1. selamat sore pak sentot, pak saya kalau oper service bisa ga pak, saya juga buka toko service, kadang ga kehendel pak. pak sentot lokasi di mana pak. saya di jkt di cengkareng pak. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: